Faktor Ergonomis: Manakah Yang Lebih Baik Untuk Kesehatan Anda, Bermain Game Di Mobile Atau PC?

Faktor Ergonomis: Bermain Game di HP vs PC, Mana yang Lebih Enak?

Buat kita para gamer sejati, posisi main yang enak itu wajib hukumnya. Selain biar betah main berjam-jam, posisi main yang nyaman juga penting buat kesehatan. Nah, kalau kita bahas soal kenyamanan, dua pilihan utamanya ada bermain game di HP atau PC. Tapi sebenarnya, mana sih yang lebih oke dari sisi ergonomis?

Ergonomi Bermain Game di HP

Main game di ponsel itu enak karena praktis dan bisa dibawa kemana-mana. Tapi, kalau kelamaan main, bisa bikin leher pegal. Ini karena posisi kita biasanya agak menunduk ke layar HP. Kalau layar HP-nya kecil, malah makin nunduk dong! Akibatnya, otot-otot leher kita jadi tegang dan pegal.

Selain itu, main game di ponsel juga bisa bikin mata kita capek. Ini karena layar ponsel biasanya lebih kecil dan jarak pandang kita jadi lebih dekat. Cahaya dari layar ponsel juga bisa bikin mata kita cepat kering.

Ergonomi Bermain Game di PC

Kalau main game di PC, posisi kita biasanya lebih ergonomis karena kita duduk tegak dan pandangan kita lurus ke layar monitor. Selain itu, jarak pandang kita ke monitor PC juga lebih jauh daripada HP. Jadi, leher dan mata kita nggak gampang pegal.

Tapi, main game di PC juga punya kekurangannya. Kalau mejanya nggak pas, posisi kita bisa jadi nggak ergonomis dan bikin nyeri di punggung atau bahu. Selain itu, kalau kita pakai PC laptop, biasanya layarnya lebih rendah dari posisi mata. Ini juga bisa bikin leher kita pegal.

Kesimpulan

Dari sisi ergonomis, bermain game di PC umumnya lebih baik daripada di HP. Posisi kita bisa lebih tegak dan jarak pandang kita lebih jauh. Jadi, leher dan mata kita nggak gampang pegal. Namun, kita juga harus memperhatikan posisi meja dan kursi kita agar tetap ergonomis.

Sedangkan bermain game di HP memang praktis dan bisa dibawa kemana-mana, tapi posisi kita biasanya agak menunduk dan jarak pandang kita lebih dekat. Akibatnya, leher dan mata kita lebih cepat pegal.

Jadi, mau pilih bermain game di HP atau PC, yang penting perhatikan posisi tubuh kita agar tetap ergonomis. Jangan lupa istirahat teratur dan jaga kesehatan mata dengan sering mengedipkan mata dan memakai kacamata pelindung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *